Selasa, 11 April 2017

Kecil, telanjang dan berlumuran darah (Part 2)

Masa awal SD adalah dimana saat anak bocah lagi jelek-jeleknya karena ompong, pergantian gigi susu menjadi gigi permanen. Cerita part 2 ini akan gue awali dengan kisah “gigi” si bocah iseng ini.



Mungkin beberapa dari kalian pernah tau cerita tentang peri gigi. Buat kalian yang gak tau, peri gigi bukan seperti mimi peri, peri dari kayangan dengan kecantikan 17x yang lagi hits di Instagram, tetapi seperti cerita santa claus, beberapa anak kecil percaya bahwa peri gigi itu ada, jika mereka meletakkan giginya yang baru saja lepas dibawah bantal, peri gigi akan mengambil gigi itu dan mengganti dengan hadiah. Biasa berupa uang.

Adek gue salah satu bocah lugu yang percaya dengan hal ini. Di suatu siang yang cerah, sepulang sekolah gue melihat wajah girang dari adek gue. Ternyata dia dapet 5.000 rupiah dibawah bantal tempat dia tidur semalem, katanya dari peri gigi. Gue iyain aja. Kejadian ini gak cuma sekali, tapi di kejadian kedua, dia cuma dapet 2.000, langsung deh dia protes ke mami, “mi kok kali ini aku cuma dapet dua ribu dari peri gigi?”, dengan entengnya mami jawab “iya gigi kamu yang itu udah busuk, jarang sikat gigi sih, jadi harganya cuma 2.000”. Sepertinya tanpa gue kasih tau, kalian juga udah tau kan siapa yang ambil giginya dan diganti sama duit? Entah itu tindakan yang benar atau tidak untuk seorang ibu lakukan, saat itu adek gue jadi semakin percaya dengan keberadaan peri gigi, entah apakah kepercayaan itu berlanjut sampai detik ini apa ngga..

Bagi orang tua, pasti suatu kebanggaan tersendiri kalau gigi susu anaknya tiba-tiba copot sendiri. Kenapa? Karena gak perlu keluarin duit untuk cabut ke dokter gigi lagi (diluar resiko akar ga kecabut dan lainnya ya). Kebetulan gue dan adek gue jarang banget ke dokter untuk cabut gigi susu. Pernah suatu kali gue dibawa ke dokter gigi, baru duduk di bangku yang bikin degdegan itu, dokternya lagi siapin gel, tiba-tiba gigi gue copot, akhirnya ortu gue gak perlu bayar biaya cabutnya. Mungkin dokternya saat itu eneg juga kali ya, gue dateng cuma buat ngerjain aja.

Nah adek gue juga pernah dibawa ke dokter gigi karena gigi permanennya udah tumbuh, tapi gigi susu belum copot, jadi mau gak mau harus dicabut sama dokter. Dia ditemenin sama mami dan satu orang temen mami. Tanpa perasaan takut, diapun pergi. Hebat juga anak ini, jarang-jarang ada anak kecil yang gak takut ke dokter gigi. Setelah sekitar 1 atau 2 jam pergi, mereka pulang dan mami ngoceh. Gue udah tau, pasti ada sesuatu yang terjadi tadi. Tanpa disuruh, mami pun cerita. Jadi ketika giliran dede, dia disuruh duduk dan kumur-kumur, lalu dia diminta untuk buang air kumurannya itu, dia malah bangun dari kursi dokter gigi. Oh.. Ternyata dia mau beranjak ke wastafel. Yaudahlah gapapa. Tapi sepertinya sambil buang air yang ada di mulut, dia ngelirik ke dokter yang lagi siapin suntikan. Seketika ide kreatif anak ini muncul, bukannya balik ke kursi, dia malah lari sekenceng mungkin keluar ruangan dokter gigi, lalu keluar dari gerbang tempat dokter gigi ini. Kenapa mami ngoceh? Karena dia harus ngejar anaknya yang kabur dari dokter gigi itu. Entah apa yang dirasa mami saat itu. Tapi kalo gue jadi mami, yang jelas gue akan malu…..

Walaupun udah bisa mandi sendiri, terkadang adek gue memilih untuk dimandiin dan kebetulan waktu itu dirumah masih ada penolong rumah tangga. Tapi kayanya mbak yang itu error deh, (tentang ke-erroran mbak-mbak dirumah gue, akan gue cerita di postingan khusus) intinya mbak ini suka cerita horror dan dia bilang itu kejadian dia beneran. Adek gue yang waktu kecil gak penakut, jadi penakut saat SD karena sering denger cerita dan nonton yang serem-serem. Suatu hari adek gue dimandiin sama mbak, gue lagi santai-santai baca majalah bobo (yang kelincii itu) di ruang tamu, tiba-tiba denger suara super berisik dari kamar mandi. Gue kira adek gue jatoh apa gimana, ternyata dia abis sirem mbak gue. Ditanya alasan kenapa dia sirem mbak, ternyata alasannya karena mbak ini cerita horror saat lagi mandiin adek gue, adek gue kesel, dia takut, jadi tindakan yang dia ambil adalah sirem mbak gue sampe basah kuyup. Kasian sih mbaknya, cuma gimana…. Lumayan lucu juga liat pemandangan itu.

Suatu hari, adek gue ikut main drama musikal gitu, dia jadi kodok. Gue dan mami nonton. Pas dia muncul, awalnya dia nari-nari aja dengan girangnya. Eh kok ditengah-tengah dia berhenti dan meletakkan kedua tangannya dibawah perut. Saat itu juga mami langsung lari ke backstage sambil bilang “duh udah tau deh penyakit adek kamu, pasti dia mau pipis tuh kalo udah begitu”.. Ternyata sang kodok berhenti nari karena kebelet pipis guys…



Kalau kalian baca tentang adik gue, pasti kalian udah kegambar kira-kira anaknya gimana sih. Tapi gue belum cerita mengenai hubungan gue dan dia..

Iya gue bukan kakak yang sebaik itu juga. Gue seneng isengin dia. Pernah suatu hari dia lagi tidur siang dan belum bangun sampai jam 6 sore. Gue hanya lakuin prank biasa sih. Gue bangunin terus gue bilang, “cepetan bangun! Udah telat ini! Emang gak mau sekolah??”. Dan dia langsung lari ke kamar mandi, dia percaya bahwa itu udah jam 6 pagi :)

Guepun tau, terkadang dia gak suka sama gue. Dia pernah main drama di gereja, kayanya waktu itu dia masih SD. Dia ajak temannya main ke rumah, saat temennya tanya ada siapa dirumah, dia bilang “ada cece aku yang galak”.. ouch!

Jaman blackberry masih hits, adek gue adalah anak yang cukup beruntung karena waktu SD dia udah megang hp kece itu. Suatu malam yang tenang pun pecah. Awalnya dia pasang password pertama untuk blackberrynya karena sering gue bajak. Cuma dia sama mami yang tau apa passwordnya. Terus gue iseng aja nebak, “passwordnya ‘cece nyebelin’ ya? Pake spasi gak? Atau disambung aja?”. Dalam beberapa detik kemudian, dia nangis kejer, ternyata password yang gue tebak itu bener. Dia marahin mami, dia pikir mami yang kasih tau gue. Gue juga ga nyangka kemampuan menebak gue sehebat itu!

Gue tidur sekamar sama dia. Malam itu dia tidur duluan dan tiba-tiba lapar menyerang. Untung masih ada roti! Gue makan lah itu roti di deket dia yang udah tidur. Baru sekitar 2-3 gigitan, tiba-tiba dia tendang roti itu dan akhirnya hidup sang roti pun berakhir di lantai, bukan di perut gue. Entah siapa yang harus jadi kambing hitam saat itu. Dia yang lagi mimpi jadi aktris dalam film action sehingga nendang roti gue? Diri gue sendiri karena makan deket orang yang lagi tidur? Atau Tuhan yang kasih dia mimpi? Ah sudahlah~

Iya memang sampai gue SMA, hubungan gue dan dia tidak sebaik itu. But thanks God, semakin kesini, semakin baik..

Pernah suatu saat dia balik dari gereja terus dia bilang “tuh aku beliin cece nasi goreng”, dan gue jawab “oh? Nasi goreng apa?”. Kemudian dia nunjukin sebungkus chiki, ternyata nasi goreng itu nama merk chiki gitu. Chiki merk nasi goreng rasa rumput laut. Ehe……

Terlalu banyak kejadian yang membuat gue terjebak dalam love and hate relationship dengan adek gue. Flashback ketika dia sekitar kelas 1 SD, gue lupa apa yang membuat gue kesel sama dia, antara sengaja dan ngga, gue tendang dia, gak bermaksud nendang muka, tapi apa boleh buat, yang ketendang saat itu adalah muka. Umur 6 tahun adalah saat dimana seorang anak bocah lagi jelek-jeleknya, banyak gigi ompong karena pergantian gigi susu ke gigi dewasa yang permanen. Waktu gue tendang, ternyata gigi adek gue yang lagi goyang langsung lepas sampe darah dimana-mana, posisinya waktu itu kita lagi di kamar ortu, tapi siang-siang, jadi mereka gak ada.

Gue panik ngeliat darah begitu, tapi adek gue ga nangis. Tindakan yang dia ambil adalah bersihin darahnya sendiri dan nenangin gue dengan ngomong, “cece jangan takut, aku ga akan ngadu ke mami biar cece ga dimarahin”

Ternyata anak kecil rese itu sayang sama gue, walaupun gue buat dia berdarah sampe segitunya, dia masih berpikir untuk melindungi gue dari mami yang pada saat itu super galak.. (I’m crying as I write this)

Semester 4 ini semester yang cukup berat buat gue, apalagi tiap senin, dimana gue harus ngajar dulu, langsung ngibrit ke kampus buat 2 kelas, dimana salah satunya dalah statistik. Lelah….
Pagi itu rasanya males banget bener-bener pengen istirahat aja seharian. Tapi dikarenakan itu udah jadi tanggung jawab gue, mau gak mau gue memaksakan kelopak mata ini untuk membuka. Baru aja duduk, terus liat ada sekotak tempat makan warna ungu diatas buku statistik gue yang super tebel, dia masak buat gue guys. Langsung liat aja gambar dibawah ini..



Terharu banget gue. Rasanya semangat buat jalanin hari itu hahaha

Tadinya gue mau post ini disaat ulang tahun dia yang ke-15, tapi karena keadaan tidak memungkinkan, Happy National Sibling day ya, my one and only sister. I love you so much. Tulisan ini aku buat bukan untuk mempermalukan kamu atau apapun juga, tapi semoga dari tulisan ini, kamu inget dan tau betapa hidup aku jadi jauh lebih berwarna semenjak ada kamu, walaupun aku jarang mengekspresikan itu !



13 komentar:

  1. I am crying while i read this...

    Love each other forever yah...

    BalasHapus
  2. Serius, ceritanya asik banget.
    Tapi entah kenapa ngebaca tulisannya kebayang kalian jadi kaya kartun.
    Aneh2 lucu gitu

    BalasHapus
  3. Cerita nya asik , bikin penasaran .

    Sering sering share ya ciii.. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai novi!! makasih ya udah mampir hehe

      iyaa tungguin post aku selanjutnya yaa :P

      Hapus
  4. Somehow reading this makes me laugh uncontrollably because u two are just too cute! Keep cherishing each other ya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. vanes! thanks for make time to read my blog eheheh. im glad that this post make you laugh xD

      tunggu cerita-cerita selanjutnya ya! hehe

      Hapus
  5. Wah hahaha ceritanya keren. Kek film nya yg the rock itu haha...

    BalasHapus
  6. Lanjutin chelaaa, gw suka ceritanya wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih yaampun ada cakra, ga nyangka hahah
      makasi ya uda mampir xD nantikan blog selanjutnya

      Hapus